Sabtu, 17 November 2012

Diwarnai Kontroversi, City Bantai Villa

Meski diwarnai kontroversi, Manchester City menunjukkan keganasan mereka di kandang sendiri, Etihad Stadium kala melibas Aston Villa lima gol tanpa balas, Sabtu (17/11).

Tampil di depan pendukungnya sendiri di mana City punya rekor kandang bagus, membuat skuad Roberto Mancini tampil pede sejak awal. Mereka berusaha menggebrak pertahanan Villa dengan serangan-serangan mematikan namun tak ada yang benar-benar mengancam gawang Brad Guzan.

Villa sendiri meski menyerang secara sporadis namun justru lebih efektif. Menit 19 tim tamu bahkan mendapat peluang emas ketika Christian Benteke dengan bebas melepas sundulan tajam dari dalam kotak penalti, beruntung Joe Hart bereaksi sigap menepisnya.

City tak mau tinggal diam begitu saja dan terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan Villa, namun upaya Carloz Tevez hingga Yaya Toure belum membuahkan hasil.

Serangan City baru membuahkan hasil jelang turun minum. Dari situasi sepak pojok, terjadi kemelut di gawang Villa dan bola liar disambar David Silva untuk membawa tuan rumah unggul memasuki jeda.

Awal babak kedua, City masih mendominasi jalannya laga. Menit 54 kontroversi terjadi di kotak penalti Villa. Andreas Weimann dianggap menyentuh bola di kotak terlarang dalam situasi yang meragukan, namun hakim garis ngotot menyatakan gelandang Villa itu melakukan pelanggaran.

Wasit tak punya pilihan lain dan menunjuk titik putih. Sergio Aguero dengan tenang menuntaskan eksekusinya dengan menempatkan bola ke sudut kanan tanpa bisa dijangkau Guzan.

Gol tersebut seolah meruntuhkan moral tim tamu. Dan di menit 64, Villa kembali diganjar penalti setelah Barry Bannan dianggap melakukan handsball dalam situasi yang 50-50 pula. Kali ini Tevez yang maju menjadi algojo dan dia pun sukses menjalankan tugasnya untuk membawa City menjauh 3-0.

Mental Villa kian jatuh dan itu dimanfaatkan tuan rumah untuk terus menggempur. Aguero mencetak gol keduanya tiga menit kemudian setelah tembakannya dari sudut sempit ke tiang dekat gagal dihentikan Guzan.

Tevez pun tak mau kalah menambah pundi golnya di menit 74. Umpan silang mendatar dari Samir Nasri diteruskan menjadi gol oleh Carlitos di tiang jauh. Lima gol dan kemenangan City pun sudah kian dipastikan.

Unggul lima gol tak membuat City puas dan terus mengurung pertahanan Villa. Beruntung sepanjang sisa waktu pertandingan, gelombang serangan City tak disertai penyelesaian akhir yang baik. Skor 5-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai.

Tambahan tiga poin memastikan City melenggang ke puncak klasemen dan untuk sementara menggeser sang rival, Manchester United. Sedangkan kekalahan mengirim Villa ke zona degradasi.

0 komentar: