Selasa, 04 September 2012

Tim Jateng Tunggu Kepastian Laga Perdana PON

Tim sepak bola Jawa Tengah masih menunggu calon lawan pertama pada babak penyisihan Grup C Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau, 9-20 September 2012.

"Sampai hari ini kami belum tahu, kemungkinan baru akan diputuskan saat 'screening' pemain. Yang penting, persiapan tim tetap jalan dan kami tidak akan terpengaruh dengan polemik yang menimpa calon lawan," kata Manajer Tim PON Jateng Johar Lin Eng ketika dihubungi dari Semarang, Senin.

Tim asuhan pelatih Firmandoyo tersebut akan menjalani pertandingan perdana pada Kamis (6/9) di Stadion Tuanku Tambusai, Bengkinang, Riau. Jadwal sebelumnya melawan Kalimantan Selatan, kemudian selang sehari menghadapi tuan rumah Riau, dan terakhir melawan Sumbar.

Tetapi masih ada silang pendapat antara Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Timur saat babak kualifikasi terkait banding Kaltim yang diterima Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia (BAORI). Sebenarnya kedua tim (Kaltim dan Kalsel) harus memainkan pertandingan play off pada Minggu (2/9), tetapi Kalimantan Selatan menolak menjalani laga tersebut.

"Intinya kami bingung kenapa harus ada play off karena kami diperintahkan oleh PSSI sebagai induk sepak bola Indonesia untuk tidak menghiraukan perintah BAORI," kata Manajer Tim Kalsel H Juanda seperti diberitakan sebelumnya.

Menurut dia, sejauh ini Kalsel hanya mempersiapkan diri untuk menghadapi laga perdana melawan Jateng. "Kami datang dan bersiap untuk menang, tapi terus terang kami tidak siap untuk play off karena sudah masuk grup," katanya.

Johar Lin Eng mengatakan, pada dasarnya siapapun yang dinyatakan lolos ke PON adalah lawan yang berat bagi Jateng, apalagi Kaltim tetap menyiapkan tim di bawah asuhan pelatih Rudy William Keltjes dengan matang meskipun sebelumnya dinyatakan gagal lolos. Johar Lin Eng yang juga Sekum Pengprov PSSI Jateng itu mengatakan, sesuai jadwal, Jateng akan main malam hari pukul 19.00 WIB.

Selama menjalani persiapan, tim sepak bola Jateng sudah menjalani pertandingan uji coba pada malam hari melawan PS AD dan PS Indomart (tim lokal Semarang). Tim sepak bola Jateng sudah berangkat ke Riau pada Jumat (31/8), bahkan pada Minggu (2/9) menjalani pertandingan uji coba melawan PSHW Bangkinang dan menang telak 13-1.

Pelatih tim PON Jateng, Firmandoyo mengatakan, dirinya merasa puas dengan hasil tersebut karena datang lebih awal sehingga mereka sudah cukup mengenal lapangan di Bangkinang. "Saat ini kami tinggal mengingat-ingat jika ada yang terlupakan saat latihan sebelumnya dan siapapun lawan perdana bagi Jateng, kami siap," katanya.

Sesuai pembagian grup, Syaiful Amar dan kawan-kawan masuk Grup C bersama Kalsel, Sumbar, dan tuan rumah Riau.

0 komentar: