Sabtu, 20 Oktober 2012

5 Keunggulan Ronaldo Dari Messi

Selalu ada pemain-pemain hebat di setiap generasi sepakbola, dan mereka akan selalu dibanding-bandingkan oleh para penikmat bola. Dulu, legenda Belanda, Johan Cruyff harus berhadapan dengan Franz Beckenbauer, pahlawan sepakbola Jerman. Di jaman ini kita memiliki Cristiano Ronaldo, sang nahkoda Portugal, dan Lionel Messi, penari Tango di lini depan Barcelona dan Argentina.

Siapakah yang terbaik? Sulit untuk membuktikannya sekarang. Keduanya masih memiliki karir yang panjang dalam sepakbola. Segalanya masih bisa terjadi.

Kedua pemain ini masing-masing memiliki kelemahan, sekaligus keunggulan dari rivalnya. Setiap manusia diberkati Yang Maha Kuasa dengan talentanya masing-masing.

Tanpa harus merasa berat sebelah, yang akan kita bahas adalah dari sudut pandang Cristiano Ronaldo. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki Ronaldo, dibandingkan dengan Messi.

1 . Kecepatan Lari
Lionel Messi menjadi momok menakutkan bagi seorang bek yang harus berhadapan langsung dengannya. Ia bisa dengan mudah bisa mengelabui lawan. Namun, untuk masalah kecepatan lari, Ronaldo lebih unggul.

Inilah bagian penting dari CR7 yang membuatnya terlihat unggul dari pemain-pemain lainnya. Hanya sedikit pebola yang memiliki teknik dan skill olah bola yang sama seperti dirinya, namun untuk urusan kecepatan, ia nyaris tiada duanya.

Keunggulannya ini sangat efektif digunakan untuk serangan balik yang mematikan. Ketika bola berhasil direbut dan dilambungkan ke depan demi menciptakan counter-attack, ia hampir selalu memenangkan bola dari para pemain bertahan lawan.

Messi terlihat gesit ketika bola berada di kakinya, tetapi Ronaldo lebih baik ketika melakukan pergerakan tanpa bola.

2 . Tendangan Bebas
Di beberapa pertandingan terakhir, tendangan bebas King Leo begitu akurat menemukan jala lawan. Ditambah lagi, Xavi terlihat ikhlas untuk memberikan jatahnya melakukan tugas ini kepada Messi.

Namun, andaikata Messi dan Ronaldo menjadi rekan, dan ada kesempatan tendangan bebas dari jarak 20 meter di depan gawang saat pertandingan memasuki injury time, maka Ronaldo adalah orang yang tepat untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Nyaris tidak ada pemain yang bisa membuat bola menukik dan berbelok dengan kecepatan yang sangat cepat seperti yang biasa dilakukan Ronaldo.

Kelebihan lain dari Ronaldo ketika berurusan dengan free-kick adalah atmosfer yang terjadi ketika ia telah meletakkan bola dan berkonsentrasi.

Seluruh stadion akan terdiam, kemudian suara tepuk tangan akan mengiringi langkah-langkah Ronaldo ketika menuju bola yang menanti tendangannya. Sebuah definisi dari penendang free-kick yang ditakuti sekaligus dihormati.

3 . Duel Udara
Banyak pihak yang mencibir kemampuan duel udara dari Lionel Messi. Mereka adalah orang-orang yang melihat berdasarkan tampak luar daripada kemampuan yang ada di dalam manusia. Messi memang tidak jangkung, itulah yang dianggap para pencibir menjadi kelemahan Messi dalam duel udara.

Bila dibandingkan Ronaldo, mungkin memang ada benarnya. Kapten Portugal ini memang memiliki keunggulan postur tubuh. Ia lebih tinggi dan lebih tegap. Dengan kaki yang lebih panjang tentunya daya lompatnya lebih tinggi dari Messi.
Untuk duel udara, Ronaldo memang lebih jago dari Messi.

4 . Membantu Pertahanan
Baik Ronaldo maupun Messi cenderung untuk turun membantu pertahanan ketika timnya kehilangan bola. Namun, sekali lagi, postur tubuh menentukan hasil akhir.

Messi mungkin tidak bisa berbuat banyak ketika bertahan. Yang bisa dilakukannya adalah memotong umpan dari kaki ke kaki.

Sementara itu, Ronaldo bisa memanfaatkan postur jangkungnya untuk menjadi pagar betis, menutup pergerakan lawan dengan lebih leluasa karena badannya lebih lebar, atau menggunakan kecepatannya untuk melakukan serangan balik.

Dalam membantu pertahanan, Ronaldo lebih baik daripada The Messiah.

5 . Kekuatan
Lagi-lagi postur tubuh menjadi bahan perbandingan. Karena massa otot yang terdapat dalam tubuh Ronaldo lebih banyak, ia punya kesempatan untuk melakukan sesuatu lebih besar daripada Messi.

Dalam hal menyelesaikan peluang, Messi punya teknik hebat dengan mengarahkan bola ke sudut sempit. Walau tidak cepat, tapi laju bola akan susah digapai kiper lawan.

Berbeda dengan Ronaldo, otot-otot di kakinya membuat dirinya mampu untuk melepaskan tendangan keras dan terarah, dari jarak jauh maupun dekat. Ia bisa memperlakukan bola sesuka hatinya demi mencetak gol.

Itulah keunggulan Ronaldo dari Messi, yaitu fisik. Tapi, ini adalah sepakbola. Kehebatan tidak hanya diukur dari fisik, tapi kemampuan untuk menjadi pembeda dalam setiap pertandingan. Dalam hal ini, Ronaldo dan Messi sama-sama memilikinya.

Berbahagialah kita para penikmat bola di jaman ini. Walaupun mungkin ada diantara kita yang tidak pernah menikmati kehebatan Johan Cruyff, Pele, Maradona, ataupun Michel Platini, namun di jaman ini kita bisa menjadi saksi atas kehebatan dan perlombaan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk menjadi yang terbaik.

0 komentar: